Jumat, 06 April 2012

contoh proposal


PROPOSAL
PENAWARAN KERJASAMA PELAYANAAN ASUHAN KESEHATAN GIGI DI SD NEGERI LOSARANG KECAMATAN LOSARAG KABUPATEN DAERAH TINGKAT II INDRAMAYU
A.    PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Bangsa yang sehat bukanlah sekedar bangsa yang bersih dan bebas dari penyakit baik secara lahiriah maupun batiniah, namun bangsa tersebut harus dapat pula mempertahankan dan memelihara kesehatan dari generasi ke generasi. Kenyataan yang dihadapi bangsa Indonesia dari tahun ke tahun hingga saat ini adalah belum mampunya bangsa ini menuntaskan berbagai masalah kesehatan apalagi untuk mempertahankan generasi penerus agar terpelihara kesehatannya secara berkesinambungan. Hal ini dapat dilihat dari taraf hidup/kemampuan masyarakat yang berbanding terballik dengan perkembangan teknologi dibidang kesehatan, terutama bidang kesehatan pengobatan maupun rehabilitas yang boleh dibilang baru dapat berperan utuh pada kalangan ekonomi menengah ke atas.
Tidak seperti jenis penyakit lain yang tidak berhubungan langsung dengan daya tahan tubuh atau factor imun seseorang yang dapat dibantu pembentukannya melelui teknologi vaksinasi atau imunisasi, penyakit gigi dan mulut lebih berhubungan langsung dengan factor perilaku atau kebiasaan pelihara diri dari setiap individu. Maka selain usaha pencegahan, usaha pembinaan/promotif pun harus berjalan bersama-sama, dan ini harus dilakukan pada usia dini dimana pada saat itu terjadi mas pergantian dan pertumbuhan gigi dari gigi susu ke gigi tetap.
Jika hal ini dapat dilakukan maka kerusakan gigi pada usia dewasa dapat diminimalkan sehingga tidak perlu lagi mengalami pengobatan rehabilitasi yang memakan biaya lebih besar. Berarti pula kesehatan gigi generasi ke generasi dapat dipertahankan dan terpelihara.

2.      Dasar Pemikiran
Jika kita mau melihat perbandingan antara pengobatan kesehatan gigi di klinik-klinik swasta, rumah sakit, puskesmas dan pelayanan asuhan di UKGS yang kami ajukan, maka akan terlihat banyak kelebihan pada program pelayanan asuhan baik dari segi moril maupun materil. Hal ini disebabkan karena selain program ini terhitung mudah, murah, meriah, anak-anak pun mendapat perhatian yang sangat intensif dari mulai mereka belajar menyikat gigi sampai kebutuhan pelayanan kesehatan gigi masing-masing anak. Hingga pada saat mereka lepas sekolah dasar  serta wali Kelas pun ikut andil dalam beberapa kegiatan sesuai kesepakatan kerjasama dan job description yang akan dibahas lebih rinci dalam proposal ini. Program ini juga diharapkan dapat menambah pendapatan pihak institusi.
3.      Maksud dan Tujuan
Umum :  Meningkatnya mutu, cakupan, efisiensi pelayanan kesehatan gigi dan mulut, dalam rangka tercapainya kemampuan pelihara diri di bidang kesehatan gigi dan mulut serta status kesehatan gigi dan mulut yang optimal.
Khusus :
§  Meningkatnya pengetahuan, sikap dan kemampuan anak sekolah untuk berperilaku hidup sehat di bidang kesehatan gigi dan mulut yang mencakup :
·   Mampu memelihara kesehatan gigi dan mulut
·   Mampu melaksanakan upaya untuk mencegah terjadinya penyakit gigi dan mulut.
·   Mengetahui kelainan-kelainan/penyakit gigi dan mulut serta mampu mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya.
·   Mampu menggunakan sarana pelayanan kesehatan gigi yang tersedia secara tepat.
§  Menurunnya angka penyakit gigi dan ulut pada anak usia sekolah dasar.
§  Anak-anak yang lulus dari sekolah dasar ini telah mendapat semua perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan, sehingga memiliki keadaaan kesehatan gigi dan mulut yang baik.
4.      Manfaat Pelayanan
Program pelayanan asuhan kesehatan gigi ini akan sangat bermanfaat bagi anak didik dalam menanggulangi terjadinya penyakit gigi dan mulut. Sehingga dapat dicapai sumber daya manusia yang sehat dan produktif di masa yang akan dating. Di samping itu, imbasnya tentu saja diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak terkait agar dapat melaksanakan paradigm bahkan lebih dari itu akan dapat digunakan oleh pebisnis sebagai ajang usaha yang relative marketable.
B.     PROGRAM PELAYANAN ASUHAN KESEHATAN GIGI
1.      Tempat Pelayanan
Tempat pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut ini akan dilaksanakan di Gedung SDN losarang Indramayu dengan memanfaatkan fasilitas ruangan UKS. Dengan demikian diharapkan kegiatan belajar mengajar tidak banyak terganggu. Sementara itu di lain pihak program terkait dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
2.      Jenis Pelayanan
Kegiatannya dalam pelayanan asuhan kesehatan gigi yang akan diberikan pada siswa, yaitu :
a. Promotif
Kegiatan yang melaksanakan :
Menjelaskan program UKGS dari pemerintah
Sasaran penyuluhan : Orangtua siswa, Kepala Sekolah dan Guru
Waktu                      : Awal tahun ajaran
b. Survei
Pemeriksaan gigi dan mulut seluruh siswa SDN Losarang Indramayu untuk mengetahui keadaan kesehatan-kesehatan gigi dan mulut : Prevalensi karies, DMF, def, OHI-S sehingga dapat dibuat rencana perawatan.
c. Educatif
Pendidikan kesehatan gigi berupa penyuluhan kesehatan gigi dan mulut yang diberikan kepada seluruh siswa SDN Losarang Kab. Indramayu.
d. Preventif
Pencegahan terjadiny penyakit gigi dan mulut
Kegiatan yang dilakukan adalah :
Sikat gigi bersama
Topikal aplikasi
Fissure sealent
Scalling
e. Kuratif
Perawatan/pengobatan yang diberikan dalam pelayanan asuhan ini :
§  Penambalan gigi tetap dengan amalgam atau ART
§  Pencabutan gigi sulung yang goyang dengan cloraetyl.
f. Rujukan
Bagi anak-anak yang memerlukan perawatan lebih lanjut, akan dirujuk ke dokter gigi terdekat atau dokter gigi pribadi (bagi yang memiliki).
3.      Waktu Pelayanan
Pelaksanaan seluruh kegiatan akan dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis pada jam kerja dalam jam/waktu belajar tetapi akan diusahakan sebaik mungkin agar siswa tidak banyak kehilangan waktu belajar. Adapun rincian kegiatannya sebagai berikut :
a. Satu hari untuk proses belajar mengajar/kelas karena digunakan untuk :
§  Survey
§  Penyuluhan
§  Sikat gigi
b. Satu minggu satu kali/kelas, sebelum masuk, waktu pulang atau waktu istirahat untuk gosok gigi bersama.
c. Pengambilan dari kelas saat proses belajar mengajar siswa yang memerlukan :
§  Perawatan
§  Pemberian flour (penguata gigi), disesuaikan dengan KBM di kelas.
C.    ANGGRAN KEBUTUHAN
Dana yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan pelayanan asuhan kesehatan gigi adalah sebagai berikut :
Alat Tulis Kantor
Pengadaan sarana administrasi (Kartu status kesehatan gigi, kartu rujukan, kartu persetujuan perawatan/laporan kepada orang) : Rp. 120.000
Pengadaan bahan-bahan perawatan gigi
Disclosing, kapas, kasa, bahan tambal gigi, alcohol, clor aetyl, dll : Rp. 750.000
Pengadaan bahan untuk sterilisas alat-alat                                  : Rp. 200.000
Pembelian sikat gigi dan pasta gigi                                                : Rp. 200.000
Pembuatan bak kumur untuk kegiatan sikat gigi bersama disertai cermin dan bak terbuat dari porselen (ukuran bak, dll terlampir)                                        : Rp.    500.000
Pembelian perlengkapan alat lainnya gayung, gelas kumur, baskom, celemek, lap handuk, dll)                                                                                     : Rp.    500.000
Dana untuk pelaksanaan
§  Honor dokter gigi                                                                 : Rp. 2.400.000
§  Honor peawat gigi                                                                  : Rp. 2.400.000
§  Honor guru UKS                                                                    : Rp.    600.000
§  Transportasi                                                                             : Rp.    600.000
§  Biaya tak terduga                                                                    : Rp.    827.000
Total Biaya Diperkirakan                                                      Rp. 9.097.000

Untuk menunjang terselenggaranya kegiatan pelayanan asuhan kesehatan gigi ini diajukan iuran tahunan kepada orangtua siswa sebesar RP. 30.000/orang/tahun yang dibayarkan tiap bulan Rp. 2.500/orang/bulan.
System yang dianut oleh UKGS ini adalah system subsidi silang dimana siswa yang sehat membantu membiayai siswa yang sakit artinya baik siswa yang sehat ataupun siswa yang sakit dikenai biaya yang sama.
D.    MANAJEMEN PELAYANAN

E.     PENUTUP
Demikian profosal penawaran kerja sama pelayanan asuhan di SDN losaran Indramayu ini kami buat sebagaimana mestinya, semoga profosal ini memberikan gambaran tentang kegiatan pelayanan asuhan yang akan kami laksanakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar