Jumat, 11 November 2011

kontrak perkuliahan askeb II, SAP, Daftar tilik episiotomi dan amniotomi








KONTRAK PERKULIAHAN ASKEB II,
SAP ASKEB II DAN DAFTAR TILIK
EPISIOTOMI DAN AMNIOTOMI





DISUSUN OLEH:
WILDA HAKIKI NASUTION











KONTRAK PERKULIAHAN


NAMA MATA KULIAH         : ASKEB II (PERSALINAN)
KODE MATA KULIAH         : Bd.302
BEBANSTUDI                      : 4SKS(T=1;P=3)

DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memberikan Askeb pada ibu dalam persalinan dengan pendekatan manajemen kebidanan didasari onsep-konsep, sikap dan keterampilan serta hasil evidence based dengan pokok bahasan konsep dasar persalinan, beberapa faktor yang mempengaruhi persalinan, proses adaptasi psikologi dalam persalinan, kebutuhan dasar pada ibu dalam proses persalinan, asuhan pada setiap kala persalinan, deteksi dini komplikasi persalinan dan cara penanganannya, askeb pada bayi segera setelah lahir, cara pendokumentasian asuhan masa persalinan.

TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Memahami konsep dasar persalinan.
·         Menjelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi persalinan.
·         Menjelaskan proses adaptasi fisiologi dan psikologi persalinan.
·         Menjelaskan kebutuhan dasar ibu dalam proses persalinan.
·         Melaksanakan asuhan pada ibu bersalin pada setiap kala
·         Mendeteksi dini komplikasi persalinan dan cara penanganannya.
·         Melaksanakan asuhan pada bayi segera setelah lahir.
·         Mendokumentasikan hasil asuhan

PROSES PEMBELAJARAN
T:  Dilaksanakan di kelas dengan menggunakan ceramah, diskusi, seminar dan penugasan.
P : Dilaksanakan di kelas, laboratorium (baik di kampus maupun dilahan praktek) dengan menggunakan metoda simulasi, demontrasi, role play dan bed side teaching.




Pada hari ini, tanggal……, kami mahasiswa jurusan DIII kebidanan  STIKES HAJI menyatakan memenuhi beberapa kesepakatan dengan tim dosen pengampuh dalam pelaksanaan perkulihan tersebut diatas sebagai berikut:

I.    Hak dan Kewajiban Selama Perkuliahan
Hak Dosen
Hak Mahasiswa
Mendapat pengakuan dari jurusan atas kegiatan pembelajaran yang dilakuakan.
Melaksanakan mata kuliah sesuai dengan yang direncanakan
Memberiakn skor penilaian berasasrakan kemampuan mahasiswa.
Mendapat nilai yang diberikan/diukur oleh dosen
Mengelolah kegiatan pembelajaran  unrtuk mencapai yang optimal
Mengikuti perkuliahan sesuai dengan yang direncanakan oleh dosen
Mengeluarkan mahasiswa apabila tidak mematuhi kontrak yang di sepakati.
Meminta perkuliahan diganti, apabila dosen tidak datang tanpa alas an
Memberikan tugas kepada mahasiswa untuk membantu memahami materi
Meminta penjelasan atas tugas yang diberiakan oleh dosen

Kewajiban Dosen
Kewajiban Mahasiswa
Menyampaikan /mengelolah pembelajaran sesuai dengan jadwal yang disepakati
Hadir dalam setiap kegiatan perkuliahan sesuai kesepakatan
Membimbing mahasiswa untuk memahami maateri yang disajikan.
Berusaha untuk memahami materi yang disampaikan /diberikan
Meberikan nilai sesuai dengan kemampuan mahasiswa
Menyerahkan tugas untuk dinilai dosen yang bersangkutan

II.  Perjanjian Dan Komitmen
1.    Mahasiwa harus masuk kedalam kelas sebelum perkuliahan dimulai
2.    Mahasiswa boleh masuk kedalam kelas untuk mengikuti perkulaihan , maksimum terlambat selama 15 menit setelah dosen memberikan kuliah.
3.    Apabila dosen tidak hadir setelah 15 menit dari jadwal, mahasiswa menghubungi dosen tersebut via telp/ hp untuk menyatakan apakah perkuliahan ada atau tidak.
4.    Mahasiswa  minimal hadir 75% dari jumlah perkuliahan yang direncanakan untuk dapat mengikuti ujian final.
5.    Apabila mahasiswa tidak hadir, harus ada pemberitahuan  kepada dosen melalui surat tertulis.
6.    Mahasiswa dilarang ribut sewaktu perkuliahan
7.    Mahasiswa dan dosen memakai pakaian yang  rapi dan sopan pada saat perkuliahan
8.    Sewaktu mulai perkuliahan mahasiswa telah menyediakan perangkat  /sarana yang dibutuhkan untuk kelancaran perkuliahan, seperti  LCD , LAPTOP dll.
9.    Setelah selesai perkuliahan mahasiswa menyelesaikan dan merapikan semua perangkat/ sarana kuliah yang dipakai misal memulangkan infokus
10. Mahasiswa harus memiliki komitmen untuk mengikuti perkuliahan dengan baik dan melaksanakan semua tugas yang disepakati secara optimal.
11. Mahasiswa harus mengerjakan semua tugas yang disepakati secara optimal
12. Mahasiswa harus menyerahkan tugas sesuai dengan kesepakatan bersama.
13. Penilaian dilaksanakan atas dasar tugas , partisipasi dan tes yang dilakukan selama proses belajar.
14. Mahasiswa dimungkinkan dalam perkuliahan timbul perjanjian/ komitmen baru, untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan perkuliahan.

III.   Ikatan Batin Antara Dosen Dan Mahasiswa
1.    Dosen dan mahasiswa secara bersama-sama  bertanggung jawab untuk terjalinnya kegiatan pembelajaran yang baik
2.    Dosen dan mahasiswa memilki komitmen yang sama untuk optimalnya pencapaian kompetensi mahasiswa sesuai dengan yang digariskan.
3.    Apabila terjadi kekurang pahaman dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa secara terbuka mau bertanya pada dosen untuk meminta penjelasan
4.    Tidak tertutup kemungkinan komunikasi terjalin antara dosen dan mahasiswa diluar waktu perkuliahan, untuk membicarakan yang berhubungan dengan materi kuliah.
5.    Tidak terjadi jarak secara batin antara dosen dan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan
6.    Terbuka beberapa ikatan lainnya, agar isi kontrak kuliah dapat berjalan dengan baik



EVALUASI
Teori:
Ujian Tangah Semester : 10 %
Ujian Akhir Semester      :15%
Praktikum:
Skill Lab (panthoom)                       : 40 %
Studi kasus/manajemen kasus     : 35 %

BUKU SUMBER
Buku Utama:
Varney’s Midwifery, 1997
Buku Acuan Nasional, Saefudin Abdul Bari, 2001
Buku III Askeb pada ibu intrapartum, Pusdiknakes, WHO, JHPIEGO, 2001

Buku Anjuran:
Panduan Praktis Maternal dan Neonatal, WHO, 2001.
Betty R. Sweet, Mayes Midwifery, 1997.
Pauline M. Seller, Midwifery Vol. I, 1993.
Ruth Benner, Myles Text Book for Midwifes, Edisi 12, 1993.
Klein, A Book for Midwifery, 1995.
Kebidanan dan Peny, Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan, Prof. Dr. Ida Bagus Gede Manuaba, DSOg, 1999.
Pusdiknakes, WHO, JHPIEGO, 2001, Panduan Pengajaran Asuhan Kebidanan.
Myles, Text Book for Midwifery, 2000.
CCU, JHPIEGO, 2002.
JNPK, Buku Acuan Persalinan Normal, 2002.
Sue Moore, Understanding Pain Relief, 1997.
Penny Simkin, Pregnancy Childbirth and the Newborn The Complete Guide, 1991.
Ilmu Kebidanan dan Kandungan, Sarwono Prawiroharjo, 1997.
Bobak, Jansen. Essential of Maternity Nursing, mosby Company, 1984.
Saifudin, Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, 2000.


POKOK BAHASAN DAN SUB POKOK BAHASAN

1.    Menjelaskankonsep dasar askeb persalinan
·      Menjelaskan pengertian persalinan, sebabmulainya persalinan, tahapan persalinan, tujuanasuhan persalinan,
·      Konsep dasar askeb ibudalam masa persalinan : pengertian persalinan,sebab mulainya persalinan, tahapan persalinan, tujuan asuhan persalinan
·      Menjelaskanfaktor – faktor yangmempengaruhi persalinan
·      Menjelaskan faktor - faktor yangmempengaruhi persalinan meliputiPassage, Power,Passanger 
·      Faktor – faktor yang mempengaruhi persalinan : Passage,Power, Passanger 
2.    Menjelaskankebutuhan dasar ibu dalam proses persalinan
·      Mampumenjelaskan dan memberikan pemenuhankebutuhan dasar ibu dalam proses persalinan
·      Kebutuhan dasar ibu selama persalinan kebutuhan dasar ibu dalam proses persalinan
3.    Melakukanasuhan kala II persalinan sesuaiAPN dan Asuhan
·      Perubahan fisiologis psikologis kala II
·      Asuhan sayang ibu dan posisi menekan
·      Mekanisme persalinannormal
·      Asuhan kala II
·      APN & langkah pada ibu dalam masa          
·      Pengertian persalinan  
·      Sebab-sebab mulainya persalinan                                                          
·      Tahapan persalinan (Kala I, II, III,IV)                                                   
·      Tujuan asuhanpersalinan                                                                     
·      Tanda-tanda persalinan
4.    Melaksanakanasuhan kebidanankala I persalinan
·         Menjelaskan perubahanfisiologis dan psikologis kala I
·         Melakukanasuhan kebidanan pada kala I persalinanmeliputi pengkajian data, penegakandiagnosa, perencaanasuhan,implementasiasuhan, danevaluasi
·         Perubahan fisiologis psikologis kala I
·         Manajemen kala I-Identifikasi masalah-Diagnosa-Kemajuan persalinan-Rencana Asuhan-Asuhan kala I
·         Melaksananakanasuhan kebidanankala I persalinansecara simulasi
·         Menyiapkan alatyang diperlukanuntuk memberikanasuhan kebidanan pada ibu bersalin
5.    Melaksanakanasuhan kebidanan pada ibu bersalinkala II
·         Menjelaskan perubahanfisiologis psikologis kala II
·         Melakukanaminotomi danepisiotomi atasindikasi
·         Melakukandeteksi terhadapkomplikasi dan penyulit kala II persalinan dancaramengatasinyalangkah dalammelahirkan
·         Amniotomi &episiotomi
·         Komplikasi dan penyulit persalinan kalaII dan caramengatasinya (temuannormal dan abnormaldari partograf, bahumacet, letak muka, letak sungsang, gemeli)ibu secarasimulasi
6.    Melaksanakanasuhan kebidanan pada kala III persalinan
·         Menjelaskanfisiologi kala III
·         MelakukanManajemen aktif kala III
·         Melakukan pemeriksaanPlasenta, selaputketuban, dan tali pusat
·         Melakukan pemenuhankebituhan ibu pada kala III
·         Melakukan pendokumentasian kala III
·         Melakukandeteksi
·         Fisiologi kala III
·         Manajemen aktif kala III
·         Pemeriksaan plasenta,selaput ketuban dan tali pusat
·         Pemantauan : kontraksi,robekan jalan lahir & perineum, tanda vital,hygiene
·         Kebutuhan ibu pada kalaIII
·         Dokumentasi kala III
·         Komplikasi persalinankala III dan caramengatasinya-Perdarahan kala III(atonia uteri, retensio plasenta, perlukaan jalan lahir)
·         Mahasiswa pernahmelakukanasuhan kala III persalinan secarasimulasi
·         Mahasiswa pernahmelakukandeteksikomplikasi persalinan kalaIII dan caramengatasinya 
·    komplikasi kalaIII persalinandan caramengatasinya
·         Tindakan – tindakankala III (kompresi bimanula internal &eksternal, kompresiaorta,manual plasenta)
7.    Memberikanasuhan kebidanan pada kala IV persalinan
·         Menjelaskanfisiologi kala IV
·         Melakukan pemantauan danevaluasi lanjutkala IV dengantepat
·         Melakukan penjahitan lukaepisiotomi/laserasi dengananestesi loktaldan sesuai prinsip penjahitan perineum
·         Fisiologi kala IV
·         Evaluasi uterus :konsistensi, atonia
·         Pemeriksaaan servik,vagina, & perineum
·         Pemantauan & evaluasilanjut (tanda vital,kontrakis uterus, lochea,kandung kemih, perineum)
·         Perkiraan darah yanghilang
·         Penjahitan lukaepisiotomi/laserasi(Anestesi lokal, prinsip penjahitan perineum)
·         Pemantauan kala IV (VS,tonus & TFU, perdarahan, kandungkencing)
·         Mahasiswa pernahmelakukan pemantauan danevaluasi lanjutkala IV persalinansecara simulasi
·         Mahasiswa pernahmelakukan penjahitan lukaepisiotomi/laser asi dengananestesi loktaldan sesuai prinsip penjahitan perineum

8.    Menjelaskanadaptasifisiologis BBL terhadap kehidupan luar uterus
·         Adaptasi fisiologis BBLterhadap kehidupan diluar uterus
·         Termoregulasi
·         Pemeliharaan pernafasan
·         Pemotongan tali pusat
·         Mahasiswa pernah melakukan asuhan pada bayi segera setelah lahir 
·         Melakukan asuhan kebidanan pada bayi segera setelah lahir meliputi :termolegulasi, pemeliharaan pernafasan, pemotongan tali pusat, evaluasi nilai APGAR 
·         Melakukan resusitasi dengan benar 
·         Melakukan Bounding attachment antara ibu dan bayi
·         Melakukan pendokumentasian hasil asuhan
·         Evaluasi nilai APGAR 
·         Resusitasi
·         Bounding Attachment
·         Pemberian ASI awal
·         Dokumentasi hasilasuhan
·         Mahasiswa pernah melakukanresusitasi secara simulasi
·         Mahasiswa pernah melakukanBondingattachment antara ibu dan bayi
                                                              
Penilaian dan criteria pembelajaran
Formatif dan sumatif
Bentuk : multiple choise dan essay

Jadwal pembelajaran
Setiap minggu diadakan kuliah teori, dan jadwal kuliah praktek menyusul.

Demikian kontrak kuliah ini kami buat bersama tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Kontrak kuliah ini akan dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan perkuliahan dan bila mana ada hal-hal yang belum termuat dalam kontrak ini tetapi dianggap perlu maka dapat dilaksanakan atas kesepakatan bersama.



















 

 







SATUAN ACARA PENGAJARAN
MATA KULIAH                    : ASUHAN KEBIDANAN IBU II (PERSALINAN )
KODE MATA KULIAH        : Bd. 302
SKS                                        : 4 SKS (T: 1,  P 3 )
WAKTU PERTEMUAN      : 3 X 240 
PERTEMUAN KE               : 14,15,16

A.   TUJUAN


1. TIU  : Setelah Menyelesaikan Mata Kuliah Ini Pada Akhir Semester Mahasiswa Mampu Melakukan Pertolongan  Persalinan Normal Melalui  Pendekatan Manjemen Kebidanan Yang Baik Dan Benar Sesuai Dengan Standart
2. TIK  : Setelah Mengikuti  Mata Kuliah Ini , Mahasiswa Dapat Memeberikan  Asuhan ibu bersalin kala II meliputi amniotomi, efisiotomi dan deteksi dini penyulit kala II dan cara mengatasinya sesuai dengan standart asuhan kebidanan

  1. POKOK BAHASAN               : Asuhan  persalinan kala II

  1. SUB POKOK BAHASAN    :

    • Amniotomi
    • Episiotomi
    • Deteksi dini penyulit kala II dan cara mengatasinya








  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

TAHAP
KEGIATAN PENGAJAR
KEGIATAN MAHASISWA
MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN
ESTIMASI WAKTU
Buku sumber
T
P
Pendahuluan
1.   Memberikan salam
2.   menjelaskan program cakupan materi
3.   menjelaskan kompetensi dalam tujuan instrusionla umum dan tujuan instriksional khusus
Menjawab salam
Memperhatikan

OHP
OHT

5





Penyajian
4.    Amniotomi
§  Menjelaskan konsep dasar Amniotomi
§  Membagi daftar tilik Mendemonstrasikan  Amniotomi
§  Membagi mahasiswa dalam kelompok diskusi
§  Menunjuk beberapa mahasiswa untuk mempresentasekan hasil diskusi nya
§  Menyimpulkan jawabn mahasiswa
§  Menugaskan mahasisawa untuk melanjutkan stimulasi secara berkelompok

5.  Episiotomi

§  Menjelaskan pengertian episiotomi
§  Mendemonstrasikan teknik episiotomi
§  Membegi mahasiswa dalam beberapa kelompok untuk praktik episiotomi

6.  Deteksi komplikasi dan penyulit kal II serta cara mengatasinya
§ menjelaksan tentang penyulit-penyulit kala II
§ mendemonstrasikan cara mengatasi macet bahu, sungsang , lintang, gmeli
§  membagi mahasiswa dalam kelompok untuk melakulkan stimulasi penanganan penyulit





Memperhatikan

Mendiskusikan
Mempresentasekan

Memperhatikan


Memperhatikan

Melakukan stimulasi





Memperhatikan , memjawab pertanyaan
Memperhatikan

Melakukan stimulasi atau mempraktekan


Memperhatiakn

Memperhatikan

Melakuakan stimulasi atau memperaktikan sendiri

OHP
OHT

Set partus
Phantom









OHP
OHT


50











50













150`
BU 1
ChapT 24
BU 3
Topik 2
BA 1
Part 8
BA 4
Section 3








BA  31
TOPIK 5
Penutup










  1. EVALUASI
1.    Instrument yang digunakan  untuk menilai praktik dengan mengunakan masing-masing daftar tilik
2.    Evaluasi hasil stimulasi dilakukan pada akhir perkulihan
3.    Penilain persentase dilakukan secara individu dengan melihat kemampuan dalam menyajikan, menjawab pertanyaan


F.    REFERENSI


Buku utama
§  Varney , 1997 Varney Midwifery 
§  Pauline M Seller Midwifery Vol I & Ii 1993
§  Buku Acuan Nasioanl , Saepudin Abdul Bahri , 2001

Buku Anjuran

§  Pusdiknakes , Who, Jhpiego, 2001buku III Askeb Pada Ibu Intrapartum ,
§  Panduan Praktis Maternal , Neonatal
§  Betty R Sweet Myles  Mid Wifes Sdisi 12. 1993

Medan,   
Mengetahui  :
Direktur Akbid RS. Haji Medan                                                                                         Dosen Bidang Studi






( ……………………………. )                                                                                                                                                  ( ………………………….)

 

 

DAFTAR TILIK AMNIOTOMI


PENUNTUN BELAJAR
AMNIOTOMI
NO
LANGKAH / TUGAS
KASUS
1
2
3
4
5
Persiapan Tindakan
1.
Pasien :
§  Klem ½ Kocher
§  Bengkok
§  Lenec / dopler
§  Larutan klorin 0.5 %





2.
Petugas :
§  Apron plastik, masker, kacamata pelindung
§  Sarung tangan DTT/steril
§  Alas kaki/sepatu boot karet





Tindakan
3.
Saat melakukan pemeriksaan vagina, sentuhlah selaput ketuban yang sedang menggelembung. Pastikan bahwa kepala sudah (benar-benar masuk ke dalam panggul) engaged dan bahwa anda tidak merasakan adanya bagian-bagian kecil janin.





4.
Memasukkan klem ½ kocher ke dalam vagina dengan jari tangan kiri anda dituntun oleh tangan kanan anda yang memakai sarung tangan hingga anda bisa merasakan / menyentuh selaput ketuban.





5.
Apabila kontraksi melemah, pindahkan jari tangan kanan anda dan gunakan klem ½ kelly atau ½ kocher untuk memecahkan selebar 1-2 cm dari atas ke bawah selaput membran hingga pecah.





6.
Dengan menggunakan tangan kiri anda keluarkan klem ½ kelly atau kocher  dan masukkan ke dalam larutan klorin 0.5%. pertahankan jari tangan kanan anda di dalam vagina untuk merasakan penurunan kepala janin dan untuk memastikan bahwa anda tidak meraba adanya tali pusat atau bagian-bagian kecil dari janin. Setelah anda memastikan penurunan kepala janin dan tidak adanya tali pusat dan bagian kecil janin, keluarkan tangan kanan anda secara lembut dari dalam vagina.





7.
Evaluasi warna cairan ketuban, periksa apakah ada mekonium atau darah (lebih banyak dari bercak bercampur darah yang normal). Jika mekonium atau darah terlihat, lakukan langkah-langkah gawat darurat.





8.
Cucilah sekresi dari sarung tangan anda di dalam larutan klorin 0.5% lalu kemudian lepaslah sarung tangan tersebut dan rendam di dalam larutan klorin 0.5% tersebut.





9.
Cuci kedua tangan dengan sabun dan air mengalir





10
Periksa kembali denyut jantung janin. Masukkan dalam partograf waktu pemecahan selaput ketuban, warna air ketuban dan DJJ






SKOR NILAI  = ∑  NILAI    X  100%
             30         






TANGGAL






PARAF PEMBIMBING





 

 

DAFTAR TILIK EPISIOTOMI


PENUNTUN BELAJAR EPISIOTOMI
NO
LANGKAH / TUGAS
KASUS
1
2
3
4
5
Persiapan Tindakan
1.
Pasien :
§  Kassa steril
§  Bethadine
§  Gunting episiotomi
§  Larutan klorin 0.5%





2.
Petugas :
§  Apron plastik, masker, kacamata pelindung
§  Sarung tangan DTT/steril
§  Alas kaki/sepatu boot karet





Tindakan
3.
Jelaskan kepada ibu apa yang akan dilakukan, dan bantulah ibu untuk rileks





4.
Lakukan teknik aseptik pada daerah perineum yang akan dilakukan episiotomi





5.
Ingatlah bahwa saat yang tebaik untuk memotong episiotomi ialah pada saat perineum sedang menipis dan pucat atau mengkilap. Kehilangan darah akan lebih besar jika anda memotong lebih cepat. Akan tetapi, jika anda memotong episiotomi atas indikasi kegawatan bayi, maka lakukan pemotongan kapan saja diperlukan untuk mempercepat kelahiran bayi.





6.
Setelah pemberian 10 cc anestesi lokal ambillah gunting episiotomi yang tajam dengan satu tangan. Letakkan kedua jari tangan lainnya di dalam vagina diantara gunting dan kepala bayi untuk mencegah luka pada kepala bayi secara tidak sengaja. Ujung mata gunting yang tumpul haruslah di dalam vagina. Mulailah pada titik tengah dari perineum dan miringkan gunting anda sebesar 45 derajat. Jika anda tidak kidal, potonglah ke arah bokong kanan ibu. Jika anda kidal, potonglah ke arah bokong kiri ibu.





7.
Buatlah episiotomi dengan satu atau dua potongan besar. Potongan yang kecil-kecil akan membuat pinggiran luka bergerigi dan akan membuat penjahitan lebih sulit dan penyembuhan luka lebih lama.





8.
Setelah selesai melakukan pemotongan, putarlah gunting anda dan posisikan menghadap ke atas vagina. Dengan tangan anda lindungilah kepala bayi. Masukkan gunting yang telah dipakai tersebut dalam larutan klorin 0.5 %





9.
Tekanlah kain kassa ke daerah luka sementara ibu tersebut melanjutkan meneran bersamaan dengan datangnya kontraksi untuk mencegah kehilangan darah yang berkelanjutan. Jangan lupa menggunakan teknik steril yang baik. Jika anda mengangkat kassa tersebut dari luka, anda perlu mengambil kassa baru lain untuk menggantikannya. Hati-hati agar jangan sampai mencemari lika (infeksi) dengan sentuhan pada daerah tersebut oleh tangan anda yang bersarung, atau oleh kassa, kapas, kain atau alat.






SKOR NILAI  = ∑  NILAI    X  100%
             27           






TANGGAL






PARAF PEMBIMBING





 

 





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar