Jumat, 13 April 2012

proposal penyuluhan


PROPOSAL PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG TUMBUH KEMBANG BALITA
I.   PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang
            Tumbuh adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interselular atau bertambahanya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat. Berkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, halus, bicara dan bahasa, serta sosialisa dan kemandirian. Balita adalah anak yang berusi 1 sampai 5 tahun.  Tumbuh kembang balita perlu dipantau dengan cara melakukan penimbangan setiap bulannya. Dengan demikian gangguan tumbuh kembang dapat dideteksi sedini mungkin seperti retardasi mental, sindrom down, dan lain-lain.
1.2     Tujuan
1.2.1  Tujuan umum
                        Setelah melakukan penyuluhan diharapkan ibu mengetahui tentang tumbuh kembang balita.
1.2.2  Tujuan khusus
      Setelah melakukan penyuluhan ini diharapkan ibu dapat mengetahui tentang pengertian tumbuh kembang, perumbuhan dan perkembangan balita dan pentingnya penimbangan balita.
II.  TINJAUAN TEORI
2. 1   Pengertian
Tumbuh adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interselular atau bertambahanya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat. Berkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, halus, bicara dan bahasa, serta sosialisa dan kemandirian. Balita adalah anak yang berusi 1 sampai 5 tahun.

2. 2   Sasaran
Ibu yang mempunyai balita

2. 3   Angka kejadian lapangan
Berdasarkan hasil pengumpulan data yang telah dilakukan oleh mahasiswi PKL di desa Joring Lombang didapatkan bahwa 57 % ibu yang tidak teratur membawa anaknya ke posyandu dan 7% yang tidak pernah membawanya ke posyandu untuk ditimbang.
III.   METODE DAN WAKTU
3.1  Metode
Ceramah dan tanya jawab
3.2  Waktu
Pukul 14.00 wib
3.3  Tempat
Desa Joring Lombang
3.4  Evaluasi
·        Materi tersampaikan dengan baik.
·        Peserta penyuluhan tertarik dengan materi penyuluhan terbukti dengan adanya tanggapan.
·         Peserta penyuluhan mengatakan akan membawa balitanya ke posyandu untuk selanjutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar